Langsung ke konten utama

Postingan

Bentuk Perusahaan yang Aman Bagi Bisnis Kita

Busana Muslim - Entitas atau bentuk perusahaan merupakan topik bisnis yang jarang dibahas. Padahal memilih struktur  entitas yang tepat untuk sebuah bisnis sama pentingnya dengan memilih mitra yang tepat untuk sebuah usaha. Kok bisa? Begini, misalkan anda memasuki bisnis dengan katakanlah orang, partner atau mitra yang salah. Maka bisa dipastikan usaha anda mungkin akan gagal di awal. Orang atau mitra yang salah bisa saja membelanjakan uang anda entah kemana rimbanya. Atau mungkin membuat perusahaan anda berkewajiban atas kontrak bisnis yang tidak bisa anda penuhi, dan bisa jadi menghancurkan semua rekan kerja anda sebelum produk atau jasa pertama dibuat. Mitra yang salah juga bisa membuat anda tidak terlindungi dan menghabiskan semua usaha serta energi anda. Saya pernah mengalaminya, bermitra dengan orang yang salah. Akhirnya bisnis saya tersebut hancur lebur. Bukan karena prospek atau pasarnya yang jelek. Tapi karena ulah partner bisnis saya yang “ugal-ugalan”. Sama halnya dengan mem

Promisi dampel gratis Untuk meningkatkan Langganan

Busana Muslim - Kalau anda menawarkan produk atau menawarkan jasa anda kepada konsumen baru, apa yang paling anda takuti? Apakah anda takut ditolak atau anda takut produk atau jasa anda dicerca? Kalau anda tanya saya, saya paling malas kalau konsumen tersebut “menolak sebelum mencoba” produk saya. Saya sering sekali mengalaminya. Rasanya “gregetan” kalau orang Jawa bilang. Kebetulan saya mempunyai seorang teman bisnis yang sering kali berdiskusi dengan saya. Dia bergerak di bidang properti dan beberapa kali mengikuti seminar tentang bisnis dan investasi. Suatu saat teman saya tersebut bercerita tentang seminar yang baru saja ia ikuti di Jakarta. Kemudian ia menceritakan tentang teknik promosi produk yang dilakukan oleh pemilik Kebab Turki Babarafi, mas Hendi.  Mas Hendi mempunyai cara unik dan simpel untuk mengenalkan Kebab Turki Babarafi-nya ke konsumen. Dan ternyata cukup efektif. Caranya seperti ini, ia mempromosikan produknya di sebuah mall besar. Roti kebab turki buatannya dibagi

Perusahaan yang Aman untuk Bisnis

Busana Muslim - Badan atau bentuk badan usaha adalah topik yang jarang dibahas. Meskipun pilihan struktur yang benar bagi badan usaha adalah sama pentingnya dengan pemilihan mitra yang tepat untuk sebuah perusahaan. Bagaimana? Nah, misalkan Anda pergi dengan perusahaan untuk mengatakan pasangan yang salah atau mitra. Kemudian kita dapat yakin usaha Anda mungkin tidak akan di awal. Orang atau pasangan yang salah bisa mendapatkan uang Anda hilang entah kemana. Atau mungkin membuat perusahaan Anda bertanggung jawab atas kontrak bisnis yang Anda tidak dapat memenuhi, dan bisa menghancurkan semua rekan Anda sebelum produk pertama atau layanan dibuat. Pasangan yang salah bisa juga tidak dilindungi dan Anda membawa semua upaya dan energi. Saya miliki, bersama dengan orang yang salah. Perusahaan saya ini akhirnya hancur. Bukan karena prospek atau pasar yang buruk. Tapi mitra bisnis saya menyebabkan "sembrono". Juga dengan memilih bentuk hukum. Jika Anda memilih struktur hukum yang s

Tujuan Utama promosi Produk Busana Muslim

Busana Muslim - Saya pernah mempraktekkan beberapa contoh promosi penjualan dari Julian Cummins dan Roddy Mulin dengan Sales Promotion-nya. Pengaruh promosi penjualan bagi produk saya cukup terasa. Sengaja saya sebutkan sumbernya bukan karena saya sok-sok’an pake mentor bule, tapi agar saya tidak dituntut menyebarkan teori promosi penjualan tanpa menyebutkan si penciptanya. Ok, langsung saja. Yang perlu anda ketahui dari strategi promosi penjualan adalah tujuannya. Penting sekali bagi anda untuk memahami tujuan usaha anda melakukan strategi promosi penjualan sebelum anda membuat dan melaksanakan strategi promosi penjualan tersebut. Ada 10 tujuan utama strategi promosi penjualan produk yang harus anda ketahui. Semuanya bertujuan untuk memberikan penawaran menarik kepada konsumen. Saya akan bagi menjadi 2 artikel agar anda bisa memahami perlahan dengan benar. 1. Meningkatkan Volume Strategi promosi penjualan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek bisnis anda. Bi

Target Pasar online

Busana Muslim - Seperti yang pernah saya tulis pada artikel yang lalu tentang pemasaran di era internet, bahwa internet telah mengubah perilaku konsumen. Entah dalam melakukan pembelian, berhubungan dengan sesama pelanggan atau berhubungan dengan perusahaan, internet telah mengubah segalanya. Nah, pada buku New Wave Marketing-nya Hermawan Kertajaya, beliau memaparkan ada 3 new wave ready costumer, 3 target pasar potensial. Siapa saja mereka ? Target pasar potensial pertama adalah kaum muda. Yang dimaksud disini adalah yang berumur 30 tahun kebawah. Mereka adalah customer yang siap untuk menerima new wave marketing. Perilaku konsumen ini, si kaum muda yang dinamis, dengan cepat akan memberikan gaya hidup baru dan dengan sangat mudah menerima perubahan gaya hidup. Kita bisa melihat bahwa mereka mampu melakukan 5 hal sekaligus, mengirim sms, nge-twit, download, upload video di youtube dan berinteraksi dengan temannya lewat facebook. Generasi ini akan terus membentuk budaya baru dan mengg

Mempengaruhi Arah Minat Konsumen

Busana Muslim - Dalam pemasaran, hal yang paling utama adalah kepuasan konsumen dengan cara anda memenuhi kebutuhan konsumen. Keputusan pembelian konsumen biasanya didasarkan atas sesuatu yang membuat para konsumen tersebut puas atas kebutuhannya. Contohnya, jika anda sedang sakit flu, maka pikiran anda otomatis akan menemukan cara bagaimana agar sakit kepala, batuk dan hidung tersumbat yang anda derita dapat anda singkirkan secepat mungkin tanpa efek samping. Atau jika anda sibuk dengan rutinitas pekerjaan anda, maka tugas mencuci pakaian akan anda serahkan ke binatu yang bisa mencucikan pakaian anda dengan bersih, harum, cepat dan tidak luntur. Kira-kira apa yang bisa anda simpulkan dari contoh diatas? Ok, mari saya bantu. Kesimpulannya adalah setiap orang butuh sebuah solusi atas kebutuhan mereka. Hal ini yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kata lainnya adalah mereka butuh MANFAAT dari sebuah produk atau jasa. Dalam benak mereka hanya ada satu “Produk atau jasa mana yan

Cara Mendatangkan Konsumen

Busana Muslim - Kalau anda perhatikan, banyak pedagang kaki lima di pinggir jalan yang memasang besar-besar karton bertulisan misal, “HARGA MULAI 8 RIBUAN“. Kalau menurut anda, kira-kira apa tujuannya? Sebenarnya sengaja atau tidak sengaja, mereka paham prinsip sederhana pemasaran, yaitu mendatangkan calon konsumen terlebih dulu. Perkara mau beli apa nggak, itu urusan belakangan. Pertama kali saya tahu “jurus” ini dari teman SMP saya. Kebetulan ia jualan kambing pada saat menjelang Idul Adha. Waktu itu saya datang untuk sekedar melihat kambing-kambingnya. Ternyata ada banyak, baik yang gemuk maupun yang kecil. Teman saya ini memasang spanduk berukuran cukup gede bertuliskan “JUAL KAMBING KURBAN HARGA 450 RIBU“. Terus saya tanya, “Harganya segitu ya?”. Ia jawab, “Ya, tapi yang itu…”, sambil menunjuk seekor kambing yang agak kecilan. “Yang penting pembelinya mau datang lihat kambing duluan, ntar kan mau beli”, katanya. Ternyata benar. Selang beberapa waktu ada seorang ibu yang sedang na

Kerjasama Badan Usaha CV - busana muslim

Busana Muslim - Jika saya tidak salah, badan usaha cv juga swasta entitas. Dalam entitas ini ada dua jenis keanggotaan yang disebut sekutau atau CV mitra. CV adalah sekutu atau mitra adalah sekutu dari garis (mitra umum) dan mitra terbatas (mitra terbatas). A. Sekutu pemimpin (General Partner). Kepemimpinan Sekutu yang merupakan anggota aktif dan duduk sebagai dewan dalam resume. Disetor biasanya lebih besar dari anggota lain modal. Ini sekutu bukan jawab secara terbatas terhadap hutang perusahaan. 2. Sekutu Terbatas (Mitra Terbatas). Yang termasuk mitra terbatas adalah anggota yang bertanggung jawab utang perusahaan terbatas pada modal disetor. Mereka aktif di perusahaan tidak diperbolehkan. Selain dua di atas paragraf sekutu lain dalam pasangan CV, seperti: A. Sekutu Diam (Partner Diam). Ini sekutu diam tidak secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan, tetapi diketahui oleh mitra umum, bahwa mereka adalah anggota dari CV. 2. Sekutu Rahasia (Partner Rahasia). Mereka aktif

Strategi dan cara agar Pendapatan Bisnis Naik

Busana Muslim - Kalau ditanya, setiap orang yang mempunyai bisnis pasti ingin meningkatkan penjualan produk atau jasanya. Tapi banyak dari mereka yang tidak tahu teknik penjualan yang efektif sehingga bisa meningkatkan penjualan. Sama, saya juga tidak tahu…tapi dulu. Sekarang mungkin saya sudah banyak belajar tentang cara bagaimana meningkatkan penjualan. Salah satunya saya dapat dari Tung Desem Waringin dalam “Marketing Revolution”-nya. Dan ternyata, caranya cukup sederhana, mudah, tanpa biaya tapi cukup “mematikan”. Apa itu? Yaitu dengan anda memasang headline yang penawarannya sensasional, ada keunggulan utama produk anda, sesuatu yang mengejutkan ditambah janji yang kuat. Entah di iklan anda, website anda, di brosur anda atau dimana saja anda bisa mempromosikan secara tertulis produk atau jasa anda. Sebabnya adalah 80% orang hanya membaca headline. Berarti kalau anda salah menulis headline, anda akan kehilangan 100% pembeli. Kok bisa mas? Karena 20% sisanya tidak membaca headline

Teknik Penjualan Agar Berhasil

Jika anda cermati, perilaku konsumen masyarakat kita sering menawar setiap produk yang akan mereka beli. Bagi si penjual, biasanya sulit untuk bisa menghindari konsumen yang berperilaku seperti ini. Bahkan tak jarang ketika kita menjadi seorang pembeli, kitapun akan melakukan hal yang sama. Terkadang lebih “kejam”. Busana Muslim - Itu lumrah, karena sudah dari “sononya” setiap pembeli akan meminta harga yang paling pas dengan kantongnya. Masalahnya apabila anda seorang pengusaha, menjual produk yang anda miliki adalah suatu keharusan, bukan pilihan. Itu adalah salah satu kemampuan dasar seorang pengusaha yang harus anda miliki. Pada saat anda hendak menjual produk anda, pembeli akan berusaha melakukan negosiasi (baca : menawar) dengan anda. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menghadapi pembeli yang selalu berkeinginan untuk menawar produk yang anda jual? Anda atau tim penjualan anda bisa praktekkan 9 teknik penjualan di bawah ini yang bisa dipakai kapan saja. Tapi ingat, sebaik-baik

Kiat Sukses Dalam Berbisnis

Busana Muslim - Jika anda bertanya tentang bagaimana ciri-ciri wirausaha yang berhasil, jawabannya adalah “tumbuhkan selalu kebiasaan bertindak“. Hanya satu itu saja. Nah, kebiasaan selalu bertindak itu tidaklah gampang. Maka dari itu, saya tuliskan 8 kunci sukses untuk menumbuhkan kebiasaan bertindak dari David J. Schwartz, pengarang buku best seller “Berpikir dan Berjiwa Besar”. Tujuannya jelas, supaya memudahkan anda dalam menumbuhkan kebiasaan selalu bertindak. Ok langsung saja, berikut ini 8 pokok-pokok kunci bertindak yang merupakan ciri-ciri wirausaha yang berhasil. Jadilah “aktivionis”. Jadilah orang yang berbuat. Jadilah pelaksana, bukan sebaliknya. Jangan menunggu hingga keadaannya sempurna seperti orang yang gagal. Semua itu tidak akan pernah terjadi. Harapkan penghalang dan kesulitan yang akan menghadang dan pecahkan semuanya ketika muncul. Ingat, gagasan saja tidak akan memberikan keberhasilan. Gagasan atau ide bisnis akan mempunyai nilai hanya jika anda melaksanakannya.