Langsung ke konten utama

kisah bob sadino


Konveksi Bandung - Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha dari Indonesia yang melakukan bisnis di bidang pangan dan ternak. Dia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari keluarga kaya. Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ketika orang tuanya meninggal, Bob yang berusia 19 tahun keluarganya mewarisi seluruh properti karena saudara lainnya dianggap untuk menetap.

Bob kemudian menghabiskan sebagian besar uangnya untuk melakukan perjalanan di seluruh dunia. Dalam perjalanan, dia berhenti di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di London Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Meskipun tinggal di Belanda, Bob bertemu pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Dia membawa dua Mercedes, dibuat pada tahun 1960. Salah satu yang dia menjual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap menyimpan. Setelah tinggal lama dan tinggal di Indonesia, Bob memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara independen.

Pekerjaan dilakoninya pertama setelah meninggalkan perusahaan penyewaan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri menjadi sopirnya. Tapi sayangnya, saat mendapat kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tidak ada uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp 100. Dia juga memiliki mengalami depresi karena tekanan dari pengalaman hidup.

Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresinya. Bob tertarik. Ketika beternak ayam yang muncul kewirausahaan inspirasi. Dia melihat kehidupan ternak ayam. Dia terinspirasi, ayam hanya bisa berjuang untuk hidup, manusia bisa.

Sebagai peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telur. Dalam satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, di mana ada banyak orang asing menetap.

Tak jarang pelanggan pasangan disalahgunakan, orang asing babu sekalipun. Tetapi mereka mencerminkan diri mereka sendiri, meningkatkan layanan. Perubahan drastis yang terjadi pada Bob, seorang pelayan dari pribadi feodal. Setelah itu, dari waktu ke waktu berambut perak Bob, menjadi pemilik tunggal dari toko bahan makanan (supermarket) Kem Chicks. Dia selalu terlihat sederhana dengan lengan pendek dan celana pendek.

Bisnis supermarket Bob berkembang pesat, sampai ke agribisnis, khususnya hortikultura, mengelola kebun sayuran untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Oleh karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah.

Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu dimulai kegagalan. Wirausaha perjalanan tidak semulus seperti yang diharapkan. Dia dan istrinya terbalik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting adalah kemauan, komitmen, keberanian untuk mencari dan menangkap peluang.

Dalam pikiran seseorang sambil melakukan sesuatu yang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yaitu pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah dilakukannya. Kelemahan dari banyak orang, pemikir terlalu banyak untuk membuat rencana sehingga tidak segera bergerak. "Tindakan yang paling penting," kata Bob.

Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya bahwa ia langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, Bob trampil dan menguasai bidangnya. Bob keberhasilan proses ini berbeda dari prevalensi, itu harus dimulai dari ilmu pengetahuan dan praktek, dan menjadi terampil dan profesional.
Menurut Bob, banyak orang yang mulai dari pengetahuan, berpikir dan bertindak semua-kuat, sombong, karena mereka merasa memiliki pengetahuan daripada yang lain.

Sementara Bob selalu fleksibel untuk pelanggan, mendengarkan saran dan keluhan. Dengan sikap seperti itu Bob meraih simpati pelanggan dan untuk menciptakan pasar. Menurut Bob, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu dia selalu berusaha yang terbaik untuk melayani pelanggan.

Bob menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Kem Chicks Semua anggota keluarga harus saling menghargai, tidak ada yang besar, semuanya memiliki fungsi dan kekuasaan.

Anak guru

Kembali ke tanah air mereka pada 1967, setelah bertahun-tahun di Eropa dengan pekerjaan terakhir sebagai karyawan Djakarta Lloyd di Amsterdam dan Hamburg, Bob, anak bungsu dari lima bersaudara, hanya satu tekad, bekerja sendiri. Ayahnya, Sadino, pria Solo yang menjadi kepala sekolah di Tanjungkarang SMP dan SMA, meninggal ketika Bob berusia 19.

Modal yang ia bawa dari Eropa, dua sedan Mercedes buatan 1960-an. Satu ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Saat itu, Kemang tenang daerah, masih berbohong ladang dan kebun. Sementara yang lain mobil ditaksikan, Bob driver sendiri.

Suatu kali, mobil itu disewakan. Ternyata, bukan uang kembali, tetapi berita kecelakaan mobil yang menghancurkan. "Hatiku hancur," kata Bob. Hilangnya pendapatan, Bob kemudian bekerja sehingga pekerja konstruksi. Bahkan, jika ia, istrinya, Soelami Soejoed, dengan pengalaman sebagai sekretaris di luar negeri, bisa menyelamatkan situasi. Tapi Bob bersikeras, "Aku adalah kepala keluarga saya harus mencari nafkah.."

Untuk menenangkan pikiran, Bob menerima karunia 50 kenalan ayam ras, Sri Mulyono Herlambang. Bob menanjak dari sini: Dia berhasil menjadi pemilik tunggal Kem Chicks dan pengusaha sayur sistem pertanian hidroponik. Lalu ada Kem Food, pabrik pengolahan daging di Pulogadung, dan sebuah "warung" shaslik di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta. Catatan awal 1985 menunjukkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40 sampai 50 ton daging segar, 60 sampai 70 ton daging olahan, dan 100 ton sayuran segar.

"Aku hidup fantasi," kata Bob menggambarkan keberhasilan usahanya. Ayah dua anak dan kemudian memberikan contoh fantasi, bisa menjual kangkung Rp 1.000 per kilogram. "Di mana pun tidak ada orang jual kangkung dengan harga yang banyak," kata Bob.

Om Bob, panggilan akrab untuk anak buahnya, tidak mau bergerak di luar bisnis makanan. Baginya, lapangan dipraktekkan sekarang bukan terbatas. Oleh karena itu ia tidak ingin membayangkan bahwa segala macam.

Haji ini tampak aneh, penggemar berat musik klasik dan jazz. Beberapa saat yang paling indah dia, dalam doa bersama istri dan dua anak.

Nama:
Bob Sadino
Lahir:
Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933
Agama:
Islam

Pendidikan:
-SD, Yogyakarta (1947)
-SMP, Jakarta (1950)
-SMA, Jakarta (1953)

Karir:
-Karyawan Unilever (1954-1955)
-Karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg (1950-1967)
Single-pemilik Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
Presiden Direktur PT Boga Catur Rata-
-PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)
Kem-PT Farms (kebun sayur)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Typography Art sebagai Alternatif dalam Membuat Desain T-shirt

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Typography Art, bagi anda yang merasa asing dengan istilah typography, berikut adalah definisi Typography yang didapat dari sumber Wikipedia. Tipografi atau dalam bahasa Inggris Typography (berasal dari kata bahasa Greek typos = bentuk dan graphein = menulis). Merupakan teknik dan seni mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, size font, ketebalan garis, garis pandu (line leading), jarak aksara, dan ruang huruf untuk menghasilkan hasil seni aturan huruf dalam bentuk fisik atau digital. Tujuan utama tipografi adalah mengatur teks (isi) dalam bentuk yang mudah dibaca dan menarik dipandang. Dalam perkembangannnya, Tipografi tidak hanya terkait dengan masalah pengaturan huruf belaka, tapi dapat dianggap sebagai sebuah seni di dunia desain grafis. Para Desainer grafis terkadang memasukkan unsur seni tipografi ini kedalam proyek desain mereka demi untuk menambah kesan artisitik dari sebuah karya seni karena dibutuhkan proses yang cukup menyi

Spesifikasi "Tunik Motif Collection"

Spesifikasi "tunik motif collection" Untuk mengetahui bagaimana karakter dan jenis bahan dari produk brand ternama tunik motif collection anda seharusnya membeli dulu satu pc saja dulu, anda akan bisa merasakan dan mencoba memakai tunik tersebut, bahan yang digunakan oleh motif collection adalah bahan coton combed 20s dan 24s, dimana bahan 20s adalah bahan yang paling tebel di kelas motif collection tersebut. deng variasi jahitan yang mantap tentu saja motif collection akan lebih terlihat elegan dan juga ditambah dengan print atau sablon foaming timbul yang akan mempercantik tunik motif collection ini. Menurut kami bahan yang digunakan oleh tunik "motif collection" tergolong high level karena kenyaman dipakainya sangat enak sekali, apabila anda penasaran ada harus dan wajib mencobanya.      

Desain Kaos dengan Tema Lambang Kerajaan (Royal Crest)

              Mungkin beberapa dari anda pasti menyukai film-film yang bertema perang  kolosal abad pertengahan.  Para ksatria yang berbaju zirah lengkap dengan perisai dan pedang ataupun senjata-senjata lainnya terlihat sangat gagah. Apalagi ketika kita disuguhkan dengan adegan di mana terjadi peperangan kolosal yang tentunya menjadi salah satu daya tarik bagi film semacam ini. Namun, pernahkah anda secara sadar mengamati  lambang serupa simbol yang biasanya tertoreh pada perisai, bendera ataupun baju zirah yang dikenakan oleh para ksatria tersebut ? konon dahulu kala  masing-masing keluarga kerajaan besar di eropa dan asia memiliki lambang kerajaan yang menjadi sebuah identitas sekaligus sebagai lambang kehormatan bagi keluarga kerajaan. Simbol-simbol seperti ini dalam bahasa Inggris biasa dikenal dengan nama Royal Crest atau Heraldry Crest.             Seiring pergeseran dan akulturasi  budaya, di masa kini lambang-lambang tersebut biasa digunakan oleh para desainer grafis sebagai o